Sulsel masuk lima besar Indeks Pembangunan Pariwisata Nasional Kemenparekraf

Abdul Kadir
Abdul Kadir
Selasa, 23 Januari 2023
70 | Ekonomi
Sulsel masuk lima besar Indeks Pembangunan Pariwisata Nasional Kemenparekraf

Provinsi Sulawesi Selatan masuk dalam lima besar peringkat Indeks Pembangunan Pariwisata Nasional (IPKN) Tahun 2022 yang dicetuskan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Alhamdulillah, Sulsel termasuk lima besar peringkat Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional (IPKN) tahun 2022, dengan nilai 3,99, kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Jumat. 

Menurutnya capaian ini merupakan hasil kolaborasi dan sinergi semua pemangku kepentingan sektor kepariwisataan yang ada di Sulsel. 

Disebutkan, Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional (IPKN) merupakan platform untuk mengukur besaran peran Pemerintah Daerah dalam membangun ekosistem kepariwisataan di daerah. 

Capaian ini tidak lepas dari komitmen kuat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di bawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. Dengan mendorong pembangunan sarana dan prasarana pendukung, baik infrastruktur dan lainnya. 

Termasuk dalam membangun destinasi wisata berbasis desa. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman kuat dalam pembangunan infrastruktur jalan Provinsi, maupun jalan kewenangan Kabupaten melalui Bantuan Keuangan Provinsi. 

Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten/Kota di Sulsel, mendapat kucuran bantuan keuangan Pemprov Sulsel. Hal itu sebagai upaya untuk pengembangan sektor pariwisata.

Diantaranya bantuan keuangan untuk Revitalisasi Rammang-Rammang di Maros, peningkatan jalan menuju objek wisata Buttu Macca di Enrekang, pembangunan jalan pariwisata ruas Buakaya-Ollon di Tana Toraja, pengembangan wisata alam Lejja di Soppeng, dan sebagainya. 

Perhatian orang nomor satu di Sulsel ini sekaligus upaya merespon penghargaan Kemenparekraf sebagai Provinsi penyumbang Desa Wisata terbanyak pada Anugerah Desa Wisata tahun 2022. 

Diharapkan ini menjadi stimulan untuk kebangkitan sektor pariwisata, yang akan berdampak untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat, tuturnya. 

https://makassar.antaranews.com/berita/450582/sulsel-masuk-lima-besar-indeks-pembangunan-pariwisata-nasional-kemenparekraf

 

Lihat Berita Lainnya

Sandiaga luncurkan Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional
Antara・23 Januari 2023
  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meluncurkan Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional (IPKN) dengan tujuan menumbuhkan kesadaran berbagai pihak tentang pentingnya pembangunan ekosistem...
192
Sandiaga Uno luncurkan Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional
Antara・20 Januari 2023
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meluncurkan Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional (IPKN) dengan tujuan menumbuhkan kesadaran berbagai pihak tentang pentingnya...
210
Kemenparekraf Gelar Rakornas Parekraf Perkuat Komitmen dan Rencana Aksi Tahun 2023
R. Fitriana・23 Januari 2023
Pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Rakornas Parekraf) melibatkan seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif dalam upaya meningkatkan kebangkitan ekonomi dan terbukanya...
193
Sulsel 5 Besar Peringkat Indeks Pembangunan Kepariwisataan Kemenparekraf
Sulsel Online・23 Januari 2023
Provinsi Sulawesi Selatan masuk dalam 5 besar peringkat Indeks Pembangunan Pariwisata Nasional (IPKN) Tahun 2022. Hal itu disampaikan langsung Menteri Pariwisata Sandiaga Uno dalam Rakornas...
92